CSDS UKDC Gelar PJUTS 2023

Center for Sustainable Development Studies (CSDS) Fakultas Teknik Universitas Katolik Darma Cendika (UKDC) menggelar acara Pemberian Penghargaan Jamban Umum Terbaik Surabaya (PJUTS) 2023 pada Selasa (21/11/2023). Acara ini dibarengi dengan seminar bertemakan “Percepatan Perubahan Mengatasi Masalah Krisis Air, Sanitasi, dan Kesehatan di Kota Surabaya”.

Acara dibuka dengan sambutan Ketua CSDS Lasman Parulian Purba S.T., M.Eng. IPM yang menyatakan bahwa ini kali keempat CSDS mengadakan acara PJUTS. Sambutan dilanjutkan oleh Wakil Rektor I UKDC yang menekankan pentingnya percepatan perubahan dalam mengatasi masalah air, sanitasi, dan kesehatan di Kota Surabaya.

Opening speech disampaikan oleh Prof. Ir. Johan Silas yang memaparkan bahwa jamban menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan manusia. Ia juga menekankan pentingnya aksesibilitas jamban bagi penyandang disabilitas.

Pada sesi seminar, hadir sejumlah pembicara dari berbagai latar belakang. Sri Maryati dari komunitas Ecoenzyme Surabaya menjelaskan tentang pentingnya eco enzyme dan proses pembuatannya. Dr. Albertus Daru Dewantoro S.T., M.T. dari prodi Teknik Industri UKDC mengkaitkan jamban dengan konsep Laudato Si dalam struktur keagamaan Katolik. Suryawan Ang B.CM., M.CM. dari prodi Akupuntur dan Pengobatan Herbal UKDC menjelaskan tentang penyakit wasir dan bagaimana mengatasi atau mencegahnya.

Yustitia S.T., M.T. dari Dinas Lingkungan Hidup Kota Surabaya memaparkan tentang program-program DLH dalam memperbaiki kondisi jamban di area-area permukiman padat dan kumuh. Anas Hidayat, S.T., M.T. dari prodi Arsitektur UKDC menekankan pentingnya perbaikan jamban dan sanitasi di Indonesia. Stephanus Surijadarma T., A.Md., S.T., M.T., Ph.D. dari prodi Ilmu Informatika UKDC memaparkan tentang kemungkinan penggunaan teknologi informasi dalam pengelolaan dan penggunaan jamban.

Selain itu, ditampilkan pula poster dari dosen UKDC yang mengupas seputar jamban/toilet dan sanitasi dari sudut pandang keilmuan masing-masing.

Setelah sesi tanya jawab, dilanjutkan dengan penganugerahan PJUTS2023. Kali ini, penghargaan diberikan kepada 10 resto di sekitaran Jalan Tunjungan, Surabaya.

Penghargaan diberikan kepada pengelola jamban restoran:

-Resto Hotel Double Tree

-Resto Hotel Majapahit

-Resto Hotel Varna

-Resto Hotel Platinum

-Resto Hotel Swiss Bell-In

-Resto Locaahands

-Resto Lakone Pizza

-Resto Wizzme Tunjungan

-Resto Traffic Bun

-Resto Kopi Rempah

Acara ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh CSDS UKDC untuk mendorong percepatan perubahan dalam mengatasi masalah air, sanitasi, dan kesehatan di Kota Surabaya

Leave a Reply

Your email address will not be published.