Pameran Fotografi Lawang

Poster Kegiatan Pamera Fotografi Lawang

Pada tanggal 3 Desember 2022 pukul 16.30 WIB telah dilaksanakan Acara Pembukaan Pameran Fotografi Lawang sebagai project UAS Fotorgrafi, karya mahasiswa Prodi Arsitektur Universitas Katolik Darma Cendika Surabaya. Pemeberian kata sambutan oleh pak Gunawan Sukianto, sambutan dari dosen pengampu mata kuliah fotografi Bu Fabiola Natasha, dilanjutkan dengan narasumber acara Pembukaan Pameran Lawang oleh Prof. Dr. Ir. Josef Prijotomo, M.Arch.

Acara dilanjutkan dengan diskusi karya oleh moderator, Bu Fabiola Natasha, Prof. Dr. Ir. Josef Prijotomo, M.Arch, dan Bapak I Putu Surya Kusuma Beratha berlangsung selama 45 menit. Setelah itu, barulah dibuka secara resmi Pameran Fotografi Lawang dan mahasiswa menyediakan konsumsi, serta banyaknya tamu berdatangan untuk melihat pameran fotografi mahasiswa Prodi Arsitektur Universitas Katolik Darma Cendika Surabaya.

Wisuda Sarjana XXIV Universitas Katolik Darma Cendika

Wisudawan Sarjana XXIV dari Fakultas Teknik Prodi Arsitektur dan Prodi Teknik Industri

Universitas Katolik Darma Cendika Surabaya menggelar Wisuda Sarjana XXIV secara luring bagi 151 lulusan pada hari Sabtu, 26 November 2022. Dari Fakultas Teknik terdiri dari 9 wisudawan program studi Arsitektur, dan 17 wisudawan program studi Teknik Industri.

Rangkaian acara diawali dengan pembukaan Sidang Terbuka Rapat Senat Universitas Katolik Darma Cendika Surabaya, dan dilanjutkan dengan doa pembukaan sebelum prosesi dimulai. Rektor Universitas Katolik Darma Cendika Surabaya membuka sambutan dengan ucapan selamat kepada para wisudawan dan juga saran tentang cara menghadapi dunia kerja.

Acara dilanjutkan dengan prosesi penerimaan ijazah kepada para wisudawan, lalu janji wisudawan, kemudian acara penerimaan penghargaan kepada wisudawan terbaik, menayangkan video sambutan dari salah satu perwakilan wisudawan yang mengatakan “Hari ini adalah permulaan perjuangan teman-teman, apapun profesinya dan dimanapun bidang pendidikan tinggi yang akan dijalani, berikanlah tanggung jawab tinggi, moralitas yang menjunjung tinggi kejujuran serta kontribusi yang terbaik.”

Setekah itu acara ditutup dengan doa penutup yang dipimpin oleh Romo Gunawan, setelah selesai prosesi acara, wisudawan berfoto bersama dengan Bapak/ Ibu Dosen dan Rektorat.

Matching Fund 2022 Universitas Katolik Darma Cendika, Pemberdayaan Masyarakat Ekonomi Lemah dan Penyandang Disabilitas (Melalui Teknik Bending Triplek)

Rangkaian Kegiatan Matching Fund 2022

Kegiatan Matching Fund 2022 Universitas Katolik Darma Cendika Surabaya, berlangsung pada tanggal 12 – 16 September 2022 dan 26 – 30 September 2022 di Roemah Difabel, Jalan MT Haryono No. 266 Semarang. Pada minggu pertama, acara Matching Fund 2022 dibuka dengan sambutan dari Romo Adrian Adiredjo, S.T.L., M.A., S.Th.D. selaku rektor Universitas Katolik Darma Cendika Surabaya via zoom, dan juga perwakilan dari Roemah Difabel Semarang, lalu dilanjutkan dengan perkenalan tim Matching Fund 2022 dari Universitas Katolik Darma Cendika yang terdiri dari 2 dosen dan 5 mahasiswa, dan perkenalan anak-anak dari Roemah Difabel. Kegiatan awal dimulai dengan mencoba praktik bending triplek dan proses lem oleh tim Matching Fund 2022, keesokan harinya pengerjaan tersebut dilakukan bersama-sama tim Matching Fund 2022 dan anak-anak difabel, mulai proses bending triplek dari awal hingga jadi satu produk yaitu berupa 2 buah kursi unfinished yang dikerjakan selama 1 minggu.

Pada minggu kedua, tim Matching Fund 2022 dibantu oleh mahasiswa dari Akademi Teknik PIKA (ATPIKA) Semarang sebanyak 5 mahasiswa, untuk membuat produk dari cetakan sebelumnya, dengan desain yg dikembangkan, seperti ditambahkan sandaran, dan lain-lain. Selama satu minggu, pengerjaan ini dapat menghasilkan 2 meja, yaitu meja tinggi dan meja rendah (coffee table) serta 3 kursi hasil dari pemakaian cetakan sebelumnya.

MBKM Semeru 2022

Foto mahasiswa Prodi Arsitektur yang mengikuti MBKM Semeru 2022 dengan tim Satuan Kerja IAI

Kegiatan MBKM Semeru 2022 Proyek Hunian Sementara (Huntara), Hunian Tetap (Huntap), dan Fasilitas Sosial (Fasos) Pasca Erupsi Semeru di Kabupaten Lumajang berlangsung pada tanggal 21 Agustus – 19 September 2022 (selama 30 hari) dilakukan oleh 7 mahasiswa Prodi Arsitektur Universitas Katolik Darma Cendika bekerjasama dengan Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Jatim.

Saat di lapangan, volunteer/ relawan bertugas membantu pekerjaan DPKP Kab. Lumajang dan Tim Fasilitator Lapangan (TFL) dalam proses pembangunan Huntara, dengan cara mencatat, mendata, dan melaporkan. Sebelum menuju lokasi proyek Huntara dan Huntap, mahasiswa melakukan pembekalan yang disampaikan pihak koordinator lapangan IAI Jatim dan TFL, lalu dibagi kelompok untuk melakukan pendataan Huntara sesuai dengan Blok yang dipegang oleh TFL. Setelah itu mahasiswa bertugas mengecek, mendata data huntara, dan mengawasi bangunan huntara yang telah dibangun kemudian mendata kesesuaian spek dari melihat dari kekurangan dan kelengkapan. Kemudian mahasiswa membuat laporan huntara & membuat as built drawing. Setiap hari, progress laporan tugas tersebut dipresentasikan kepada Ketua Satuan Kerja IAI dan akan direvisi. Selama 30 hari kegiatan ini dilakukan, akan menghasilkan output berupa laporan kerja yang telah disetujui oleh pihak Satuan Kerja IAI dan presentasi akhir didepan dosen-dosen prodi Arsitektur.

Tikrab “Tiga Jam Akrab” bersama Mahasiswa Prodi Arsitektur

Foto kebersamaan acara Tikrab “Tiga Jam Akrab” dengan mahasiswa Prodi Arsitektur

Untuk mempererat rasa kekeluargaan dan kebersamaan secara mahasiswa, khususnya mahasiswa baru angkatan 2022 Jurusan Arsitektur, maka dari itu Himpunan Mahasiswa Arsitektur mengadakan acara Tikrab “Tiga Jam Akrab” bersama mahasiswa Prodi Arsitektur dari angkatan 2019 sampai dengan 2022. Acara ini berlangsung pada hari Jumat, 4 November 2022 di Kampus UKDC. Acara berlangsung meriah dengan agenda sesi sharing, sesi games ,dan makan bersama.

Hari keakraban dan penyambutan mahasiswa/i baru ini merupakan suatu perkenalan sesama mahasiswa baru dan mahasiswa lama, mendekatkan diri dan mengenalkan Himpunan Mahasiswa Arsitektur dan Jurusan Arsitektur, serta dapat mempererat rasa kebersamaan tanpa memperhatikan adanya perbedaan yang signifikan. Dengan demikian diharapkan dapat mempererat seluruh anggota mahasiswa khususnya mahasiswa/i Arsitektur Universitas Katolik Darma Cendika.

Dalam kegiatan kebersamaan ini diharapkan nantinya semua dapat lebih mengakrabkan diri dengan semua anggota, saling bantu membantu dan saling mempererat ikatan kekeluargaan didalam Prodi Arsitektur serta terus tumbuh dan berkembang dari sekarang hingga selama-lamanya.

Kuliah Tamu Lightweight Construction Materials bersama PT. Citicon Nusantara Industries

Pada hari Kamis, 3 November 2022 telah berlangsung kegiatan Kuliah Tamu Lightweight Construction Materials bersama PT. Citicon Nusantara Industries yang diadakan secara daring (online) dengan pembicara Ibu Dini Sari selaku Product Development Manager dari PT. Citicon Nusantara Industries dan moderator Bapak Y.A. Widriyakara Setiadi selaku dosen Prodi Arsitektur 2022.

Kegiatan ini diadakan dalam rangka memberi pengetahuan/ wawasan kepada mahasiswa Prodi Arsitektur tentang material/ produk bangunan, agar bisa memilih material bangunan mana yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan client. Kuliah tamu ini dihadiri oleh mahasiswa dan dosen dari Universitas Katolik Darma Cendika Surabaya serta mahasiswa dan dosen dari Universitas Sains Al-Quran Wonosobo.

Kerjasama Prodi Arsitektur UKDC dengan PT. Citicon Nusantara Industries dalam Kegiatan Pengabdian Masyarakat

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh Prodi Arsitektur Universitas Katolik Darma Cendika dengan PT Citicon Nusantara Industries berlangsung di RT. 002 RW. 003 Asempayung Kelurahan Gebang Putih, Kecamatan Sukolilo. Pelaksanaan kegiatan ini melibatkan mahasiswa yang sekaligus melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN). Tema dari kegiatan tersebut adalah “Pusat Kegiatan Warga” suatu tema yang menjunjung tinggi kebersamaan warga agar tetap beraktivitas bersama.

PT Citicon Nusantara Industries yang memproduksi panel lantai, memberikan bantuan pembiayaan dengan potongan harga terhadap unit yang digunakan. Panel lantai tersebut digunakan untuk menutup saluran drainase yang melintasi lingkungan warga. Dengan demikian, bagian atas dari saluran tersebut dapat digunakan untuk aktivitas warga.

Pertukaran Mahasiswa Universitas Widya Mataram

Pertukaran mahasiswa dari Universitas Widya Mataram Yogyakarta di Universitas Katolik Darma Cendika Surabaya dilaksanakan saat perkuliahan Semester Genap Tahun Akademik 2021 – 2022 mulai tanggal 14 Februari 2022 hingga 1 Juli 2022. Mata kuliah yang diikuti oleh mahasiswa dari Universitas Widya Mataram Yogyakarta adalah Pendalaman Perkotaan dan Pemukiman & Arsitektur Empatik-Intuitif. Untuk mata kuliah Pendalaman Perkotaan dan Pemukiman dengan dosen pengampu Prof. Ir. Johan Silas dan Ir. Heristama Anugerah Putra, S.T., M.Ars yang diikuti oleh satu mahasiswa bernama Novi Triyani Sekar NPM 212412206, sedangkan untuk mata kuliah Arsitektur Empatik-Intuitif dengan dosen pengampu Anas Hidayat, S.T., M.T. yang diikuti oleh satu mahasiswa bernama Ulfa An Naafi NPM 171411709. Kedua mahasiswa tersebut aktif dalam mengikuti perkuliahan secara hybrid maupun online.
Mahasiswa sangat antusias dalam mengikuti perkuliahan MBKM ini, berikut kami lampirkan hasil tugas mahasiswa dari Universitas Widya Mataram Yogyakarta yang mengikuti perkuliahan Pendalaman Perkotaan dan Pemukiman

Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Proyek Kemanusiaan Bersama Yayasan Dharma Ibu Hati Kudus Yesus Surabaya

Pada hari Kamis, tanggal 30 Juni 2022, Mahasiswa Arsitektur Universitas Katolik Darma Cendika yang terlibat dalam Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Poryek Kemanusiaan dengan Yayasan Dharma Ibu Hati Kudus Yesus Surabaya melakukan Presentasi Akhir dengan tema “Perencanaan Gedung Yayasan dan Gedung Pertemuan” Kegiatan ini berlangsung di Gedung Vidya Loka lantai 6 Ruangan VL 6D
Didampingi dengan Bapak/ Ibu Dosen Prodi Arstektur, para mahasiswa melakukan Final Presentation dihadapan perwakilan Yayasan Dharma Ibu Hati Kudus Yesus Surabaya. Para mahasiswa memaparkan hasil kerja mereka salam enam bulan ini dalam merencanakan Gedung Yayasan dan Gedung Pertemuan yang dibutuhkan di Yayasan Dharma Ibu Hati Kudus Yesus Surabaya.